Selamat datang.
Blog ini saya buat sebagai bentuk keyakinan saya bahwa setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi manfa'at bagi orang lain, bisa jadi melalui berbagai pengalaman pribadi yang semoga bisa menjadi pelajaran bagi orang lain. Perbedaan sudut pandang seharusnya membuat kita menjadi semakin kaya dan semakin dewasa dalam menentukan sikap terhadap sebuah pilihan.
Terimalah blog yang sederhana ini dengan keterbukaan pikiran agar menjadi manfa'at jika itu baik, dan jika tidak baik maka abaikanlah.

Teteup Semangat !!!

Senin, 18 Juni 2012

Menjaga keterampilan.


Saya paham betul bahwa satu2nya cara untuk senantiasa menjaga dan meningkatkan keterampilan adalah dengan senantiasa melatih dan menggunakannya. Setidaknya itu pengalaman saya selama menekuni dunia siaran sejak tahun 1995 yang lalu. Sempat beberapa kali 'istirahat' dari dunia siaran membuat saya merasa tertinggal,dan tentunya ada rasa kaku ketika harus memulai lagi. Meskipun memang tidak sekaku ketika awal sekali saya memulainya.

Dalam hal menulis juga ternyata demikian.
Sebagaimana juga siaran,menulis juga adalah sebuah keterampilan yang sebaiknya memang terus dilatih dan digunakan agar terus meningkat atau setidaknya bisa dipertahankan. Jika dalam dunia siaran saya memang dituntut untuk 'harus' selalu siaran setiap harinya,minimal 2 jam. Setidaknya begitulah tuntutan pihak management radio tempat saya siaran. Ada kewajiban bagi saya untuk siaran setiap hari,dan ini tidak boleh dibantah. 

Maka tidak demikian dengan menulis. Tidak ada yang 'menuntut' atau 'mengharuskan' saya untuk menulis setiap harinya. Bahkan,tidak ada yang peduli apakah saya menulis atau tidak,meski telah melewati hitungan minggu atau bulan. Sehingga tantangan untuk mempertahankan dan meningkatkan kemampuan menulis saya ini justru lebih besar,karena saya harus mampu untuk sepenuhnya memotivasi diri saya untuk senantiasa menulis. Tidak peduli dalam kondisi yang (kata saya) sangat sibuk,atau bahkan ketika timbul rasa enggan dan malas muncul. Jika saya tidak mampu 'memaksa' diri saya untuk menulis,maka yang terjadi adalah blog saya ini tidak akan ter-update,tidak ada tulisan baru yang bisa anda baca.

Dan saya bersyukur,keterampilan saya sebagai Public Speaker senantiasa bisa saya 'latih' dan gunakan dalam setiap kesempatan karena memang tugas dan pekerjaan saya sehari-hari. Namun untuk keterampilan menulis ini,saya sepertinya memang harus lebih 'memaksa' diri saya untuk selalu aktif berlatih dengan cara menulis,menulis,dan terus menulis. Karena hanya itu cara terbaik agar saya semakin terampil menulis.
Sahabat,apapun keterampilan yang anda miliki saat ini,senantiasalah menjaga dan melatihnya,agar tidak hanya menjadi cerita dan kenangan saja. 

Always Do the Best !
1806'12

Tidak ada komentar:

Posting Komentar