Selamat datang.
Blog ini saya buat sebagai bentuk keyakinan saya bahwa setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi manfa'at bagi orang lain, bisa jadi melalui berbagai pengalaman pribadi yang semoga bisa menjadi pelajaran bagi orang lain. Perbedaan sudut pandang seharusnya membuat kita menjadi semakin kaya dan semakin dewasa dalam menentukan sikap terhadap sebuah pilihan.
Terimalah blog yang sederhana ini dengan keterbukaan pikiran agar menjadi manfa'at jika itu baik, dan jika tidak baik maka abaikanlah.

Teteup Semangat !!!

Minggu, 09 Oktober 2011

'Cari pegangan dan atau balik baju anda'.

Dalam setiap kesempatan, setiap kali ada teman yang curhat ato sharing seputar masalahnya, saya selalu menyarankan 2 hal, 'cari pegangan dan atau balik baju'. Sengaja saya memberi tanda petik pada kalimat tersebut, karena memang bukan itu makna yang sesungguhnya. Masalah anda tidak akan selesai hanya dengan berpegangan pada tiang bendera, ato membalik baju yang anda kenakan. Sesungguhnya yang saya maksudkan adalah, temukan seseorang yang bisa anda percaya untuk diajak sharing dan atau lihat masalah anda dari sudut yang berbeda.

Kesalahan dari kebanyakan kita adalah kerap menutup diri ketika sesuatu terjadi dan menimpa kita. Bisa jadi karena malu atau minder, atau karena memang tidak memiliki seseorang yang bisa dipercaya dan diajak sharing. Padahal, apapun masalah yang anda hadapi, akan lebih cepat terselesaikan jika anda membuka diri dan sharing dengan orang yang bisa dipercaya. Pengalaman saya selama ini membuktikan bahwa tidak sedikit diantara kita yang punya masalah sebenarnya sudah menemukan jalan keluarnya, namun hanya perlu dukungan moril dan tempat untuk berbagi bebannya. Dalam sebuah kesempatan, seorang teman justru hanya merasa perlu didengarkan keluh kesahnya. itu saja.

Yang menjadi kendala kadang, kita merasa tidak memiliki seseorang yang bisa diajak berbagi. Bagi yang telah menikah, pasangan kita idealnya bisa menjadi tempat berbagi. Meski dalam beberapa kasus tertentu, hal ini tidak bisa dilakukan. Di kota2 besar, anda bisa lebih mudah berkonsultasi dengan psikolog yang memang membuka praktek untuk membantu masalah anda. Namun jika itu tidak anda dapatkan, beberapa radio dan televisi kerapkali menampilkan acara berupa ruang konsultasi. Percayalah, banyak orang2 disekitar anda yang pasti bisa dipercaya untuk membantu menyelesaikan masalah anda. Namun, anda harus berusaha menemukannya, dan kadang itu tidak mudah. Kebanyakan mereka tidak akan datang dengan sendirinya, namun siap membantu jika anda memintanya.

Cobalah memandang masalah anda dari sudut pandang yang berbeda, kadang diperlukan orang lain untuk membantu kita melakukannya. Untuk bisa melihat lebih detail sebuah lukisan, maka kita harus bisa memandangnya dari luar bingkai lukisan. Jika kita berada di dalam lukisan tersebut, kita tidak akan bisa melihat setiap sudt dan detail yang ada. Karena kita berada di dalamnya, pandangan kita akan sangat terbatas. Berikan kepercayaan pada orang lain yang kita percaya, untuk memberikan penilaian dan memberikan pandangan serta masukan untuk masalah yang kita hadapi. Bisa jadi anda akan bertambah bingung untuk memilih solusinya, namun anda akan semakin kaya dengan pilihan solusi berikut resikonya. Dan akhirnya, itu akan membuat langkah anda semakin mantap dalm mengambil sebuah keputusan. Bukan karena alasan siapa yang salah ato siapa yang benar, siapa yang menang ato siapa yang kalah, tapi karena itulah yang terbaik yang harus anda lakukan untuk anda pribadi, keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.

Dan akhirnya, saya harus mengingatkan kembali. Kunci penyelesaian setiap masalah ada pada diri anda sendiri, bukan pada orang lain, siapapun dan apapun sebutan mereka. Mereka hanya membantu anda melihat sebuah masalah dari sudut pandang berbeda, yang bisa jadi tidak anda inginkan tapi sebenarnya memang anda butuhkan. Tentukan dan lakukan pilihan sesuai dengan kata hati dan kemampuan anda, karena andalah yang akan menjalani hidup anda selanjutnya, termasuk resiko atas pilihan anda.

Salam SuksesMulia,
17 agustus 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar